GEODESI

Geodesi secara awam merupakan cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi. berikut video dari nasa untuk pemahaman secara ringkas :



Menurut International Association Of Geodesy (IAG), 1979, Geodesi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan proyeksi dari Bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya berat masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah terhadap waktu.


DEFINISI

Geodesi adalah cabang dari ilmu matematika terapan, yang dilakukan dengan cara melakukan pengukuran dan pengamatan untuk menentukan:

  • Posisi yang pasti dari titik-titik di muka bumi
  • Ukuran dan luas dari sebagian besar muka bumi

Yang mana definisi ini mencakup dua aspek, yaitu:

  • Aspek ilmiah (aspek penentuan bentuk), berkaitan dengan aspek geometri dan fisik bumi serta variasi medan gaya berat bumi.
  • Aspek terapan (aspek penentuan posisi), berhubungan dengan pengukuran dan pengamatan titik-titik teliti atau luas dari suatu bagian besar bumi. Aspek terapan ini yang kemudian dikenal dengan sebutan survei dan pemetaan atau teknik geodesi.

Dalam kemajuan zaman kini teknik geodesi tidak lagi hanya berhubungan dengan survei dan pemetaan, perkembangan teknologi komputer digital telah memperluas ruang lingkup keilmuan dan keahlian teknik geodesi yang mana Peta telah dikelola sebagai informasi geografis berkomputer.


Sejak zaman dahulu, Ilmu Geodesi digunakan oleh manusia untuk keperluan navigasi dan luas wilayah. Secara signifikan, kegiatan teknik geodesi dijadikan sebagai disiplin ilmu akademis hampir disetiap negara. Perkembangan Geodesi menjadi sangat signifikan lagi pada saat manusia mempelajari bentuk bumi & ukuran bumi lebih dalam oleh tokoh Yunani, Erastotenes yang dikenal sebagai bapak geodesi. hingga hari ini cakupan ilmu geodesi terus berkembang seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi.


Beragam alat ukur yang digunakan dalam bidang gedesi berikut dengan definisi ringkas dan kegunaannya :


> Alat ukur sederhana

    Alat ukur jenis ini biasanya hanya dapat menyajikan pengamatan dalam satu satuan dimensi, baik itu panjang, lebar, tinggi ataupun sudut.

  • METERAN :Tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk dan panjang alat pengukur sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk pengukuran suatu dimensi dari objek yang akan diamati yang mana satuan bacaan pengukuran disajikan berupa mm, cm, inch dan meter.
  • KLINOMETER Alat ukur untuk menentukan sudut kemiringan suatu object atau tinggi suatu object dengan metode perhitungan bangun ruang segitiga.
  • KOMPAS Alat yang digunakan untuk menentukan arah mata angin atau arah suatu object pengamatan terhadap arah mata angin sehingga pengukuran dan penyajian data ukur tanah sesuai arah yang diinginkan.

> Alat Ukur Optic

    Alat ukur jenis ini merupakan alat ukur yang menggunakan media optic dengan berbagai spesifikasi sebagai titik pengamatan untuk mengamati alat ukur sederhana dengan bentuk khusus untuk dapat dihitung lebih akurat menggukan rumusan dan ketentuan fokus lensa sehingga menghasilkan pengukuran yang lebi baik dan akurat.

  • Water pass : alat ukur untuk mengetahui beda tinggi antar dua atau lebih titik pengamatan dalam satu acuan dasar, alat ini hanya digunakan untuk mengetahui beda tinggi serta jarak berdasarkan rumus matematika 
  • Theodolite : theodolit mempunyai prinsip pembacaan yang sedikit lebih rumit daripada waterpass karena juga menyertakan pengukuran bukaan sudut Horizontal dan juga Vertikal sehingga pengamatan dapat dilakukan secara tiga dimensi.

> Alat ukur Digital

  • GPS ( Global Positioning System) Navigasi : adalah sebuah alat digital yang terintegrasi dengan satelit untuk menentukan posisi pengguna alat di permukaan bumi secara realtime yang disajikan dalam bentuk koordinat tiga sumbu, X,Y dan Z
  • TS (Total Stasion) : adalah versi upgrade dari theodolite yang mana dapat mengukur/menentukan beda tinggi, arah/sudut, jarak yangdisajikan dalam berbagai format menarik, alat ini juga menyajikan berbagai macam hasil perhitungan secara otomatis yang dapat diakses dengan mudah sesuai dengan keperluan seperti jarak ke target pengamatan, jarak miring atau datar ke suatu target ataupun bukaan sudut.
  • GPS Geodetic adalah versi lebih akurat dari GPS Navigasi yang menggunakan dua alat utama (base stasion dan rover) hingga ketelitian mencapai 5mm.


Kedepan kita akan masuk ke pembahasan pengukuran/pemetaan menggunakan alat berikut dengan contoh dan penyelesaian. kritik dan saran yang membangun akan sangat berarti bagi penulis.


berbagai sumber

teuku imam
belajar untuk menjadi pribadi yang layak
Lebih baru Terlama

Related Posts

There is no other posts in this category.

5 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter